Selasa, 15 Oktober 2013

Analisis Diri : Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Pengembangaan Kreativitas


            Seorang anak dalam perkembangannya dipengaruhi oleh banyak hal. Hal yang paling menonjol adalah seperti nature dan nurturenya. Nature merujuk pada faktor genetika / turunan dari orang tua dan  nurture merujuk pada pengasuhan yang diterima oleh sang anak. Begitu pula dapam pengembangan kreativitas ada banyak hal yang mempengaruhinya. Munandar (2009) dalam bukunya menuliskan bahwa kreativitas merupakan persimpangan (intersection) antara keterampilan anak dalam bilang tertentu (domain skills), keterampilan berpikir dan bekerja kreatif (creative thinking and working skills), dan motivasi intrinsik, dapat juga disebut motivasi batin (Intrinsic Motivation).
            Jadi, dalam pengembangan kreativitas, anak perlu dilatih sesuai dengan bakat/keterampilan anak, baik keterampilan anak dalam bidang tertentu dan keterampilan berpikir dan bekerja milik anak dan yang terutama anak diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya tersebut. Selain itu, motivasi intrinsic (yang berasal dari dalam diri anak) sangatlah diperlukan. Jadi pengembangan kreativitas tersebut harus berasal dari diri si anak sendiri.
            Berikut ini akan diulas bagaimana peran keluarga, sekolah dan lingkungan dalam pengembangan kreativitas saya:

1     1.      Peran Keluarga
Saya adalah anak pertama dari 4 orang bersaudara, kedua orang tua saya bekerja sebagai tenaga pendidik. Mama sebagai pengajar Pendidikan kewarganegaraan dan Bapak sebagai pengajar mata pelajaran Sejarah. Jadi situasi rumah kami cenderung lebih demokratis. Dalam hal pendidikan, tentu saja orang tua saya sangat memperhatikan prestasi akademik yang berhasil kami capai. Tidak ada tuntutan untuk mencapai juara kelas, tetapi orang tua saya sangat memperhatikan naik – turunnya prestasi belajar dan bagaimana pemahaman terhadap mata pelajaran juga sangat diperhatikan.
Menurut penilaian saya, kedua orang tua saya sebagai tenaga pengajar tergolong sebagai pengajar yang kreatif. Metode mengajar yang diterapkan mama tidak membosankan seperti guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada umumnya. Hal ini saya ketahui dari membaca sesuatu yang biasa disebut orang tua saya dengan RPP dan juga saya ketahui dari cerita murid-murid mama, yang merupakan teman-teman saya, sedangkan bapak adalah seorang pengajar yang mengajar dengan metode yang tergolong konvensional. Tetapi dalam mengerjakan tugas tambahannya sebagai seorang pimpinan sekolah, bapak mempunyai cara yang kreatif yang membuat sekolah yang di pimpin menjadi lebih berkembang dibandingkan dengan pada saat pimpinan kepala sekolah sebelumnya.
Meenurut saya, saya bukanlah seorang anak yang tergolong berhasil dalam mengembangkan kreativitas saya. Buktinya, pada tes kreativitas yang pernah saya ikuti, saya berada pada taraf rata-rata saja. Berikut ini analisis diri saya mengenai peran keluarga, terutama sikap orang tua yang menunjang dan tidak menunjang perkembangan kreatifitas:
a.       Sikap orang tua yang menunjang perkembangan kreatifitas
·         Menghargai pendapat anak dan mendorong untuk mengungkapkannnya : situasi di rumah diciptakan orang tua saya sedemokratis mungkin. Kami selalu diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat masing-masing, dengan syarat disampaikan dengan keadaan yang tenang dan pendapat yang diberikan juga wajar dan rasional.
·         Member waktu kepada anak untuk berpikir, merenung dan beerhayal : sebelum menyampaikan pendapat tentu berpikir dan merenung harus dilakukan. Dan tentu saja kesempatan ini ada di rumah.
·         Membiarkan anak mengambil keputusan sendiri : dalam banyak hal yang memerlukan pengambilan keputusan, orang tua saya memberikan arahan dan nasehat kepada kami dan lalu diberi kesempatan untuk membuat keputusan sendiri. Namun hal ini tidak berlaku untuk semua hal.
·         Mendorong kemelitan anak, untuk menjajaki dan mempertanyakan banyak hal: perihal menjajaki dan mempertanyakan banyaak hal, orang tua saya sedikit memberikan batasan. Selain itu karena ada perbedaan minat antara orang tua saya dan saya maka saya tidak bisa menjajaki banyak hal yang saya inginkan dan saya juga tidak ingin untuk menjajaki hal-hal yang diinginkan oleh orang tua saya.
·         Meyakinkan anak bahwa orang tua menghargai apa yang ingin dicoba, dilakukan dan apa yang dihasilkan : karena ada batasan dalam menjajaki banyak hal, maka hal ini juga terkadang tidak didapatkan. Akan tetapi untuk banyak hal yang disetujui oleh orang tua, hal ini saya dapatkan sepenuhnya.
·         Menunjang dan mendorong kegiatan anak : aktifitas yang saya lakukan di dukung oleh orang tua, secara ekonomi dan mental.
·         Menikmati keberadaannya bersama anak : hal ini tentu saja terjadi, orang tua manakah yang tidak menikmati keberadaannya bersama anak ?
·         Member pujian yang sungguh-sungguh kepada anak : sebagai tenaga pendidik, orang tua saya memiliki kemampuan yang sangaat baik dalam mengkritisi dan memuji. Kata-kata yang dipergunakan tidak meenyebabkan kami menjadi tinggi diri atau berkecil hati.
·         Mendorong kemandirian anak dalam bekerja : pada masa SD, kemandirian saya dalam bekerja kurang terlatih, orang tua saya terkadang mengambil alih pekerjaan saya. misalnya untuk membuat kerajinan tangan. Sering kali orang tua saya mengenjakannya berdua, dengan alasan karena saya mengerjakannya lambat dan tidak rapih. Tetapi setelah SMP, saya sudah dibiasakan untuk mandiri dalam mengerjakan semua tugas saya.
·         Melatih hubungan kerja sama yang baik dengan anak : hubungan kerja sama antara saya dan orang tua terlatih dengan cukup baik. Hal ini terjadi mengingat posisi saya sebagai anak pertama.
b.      Sikap orang tua yang tidak menunjang kreatifitas
·         Mengatakan kepada anak bahwa ia dihukum jika berbuat salah: rumah memang tercipta sedemokratis mungkin, akan tetapi ada hukuman yang jelas untuk setiap kesalahan yang diperbuat.
·         Tidak membolehkan anak menjadi marah terhadap orang tua: marah terhadap orang tua diizinkan di rumah saya, namun harus dengan alasan yang jelas dan cara yang tepat. Namun, seringnya yang terjadi adalah saya merajuk kepada orang tua, sehingga menimbulkan konflik kecil di rumah.
·         Tidak membolehkan anak mempertanyakan keputusan orang tua : hal ini tidak terjadi di rumah. Transparansi dalam hal keputusan ada di rumah.
·         Tidak membolehkan anak bermain dengan anak dari keluarga yang mempunyai pandangan dan nilai yang berbeda dari keluarga anak : dalam bergaul kami tidak memiliki batasan, boleh kepada siapa saja asalkan bisa menbatasi diri dan tidak terjerumus kedalam pergaulan yang kurang baik.
·         Anak tidak boleh berisik : rumah adalah tempat paling baik untuk mengekspresikan diri. Misalnya, ketika dulu masih baru bergabung di marching band, saya banyak berlatih di rumah dan tentu saja menimbulkan berisik di rumah. Namun orang tua saya tidak keberatan.
·         Orang tua ketat mengawasi kegiatan anak : kegiatan yang saya ikuti di control oleh orang tua namun bukan control ketat yang menyebabkan saya gagal berkembang.
·         Orang tua member saran-saran spesifik tentang penyelesaian tugas : saran spesifik sering diberikan orang tua saya. namun saran seperti itu saya dapatkan setelah saya menyelesaikan tugas tersebut dengan cara saya sendiri, lalu orang tua saya yang memberikan saran atau cara yang menurut mereka jauh lebih baik dan efisien
·         Orang tua kritis terhadap anak dan menolak gagasan anak : dirumah kami bebas untuk menyatakan pendapat, orang tua saya biasanya akan memberikan tanggapan. Bukan mengkritisi atau menolak.
·         Orang tua tidak sabar dengan anak : hal ini jarang terjadi. Namun pernah.
·         Orang tua dan anak adu kekuasaan : hal ini tidak pernah terjadi di rumah, karena sistem adat yang ditelah dipahami bersama yang menempatkan orang tua harus dihormati oleh anak dan anak dihargai dan disayangi oleh orang tua.
·         Orang tua menekan dan memaksa anak untuk menyelesaikan tugas : menekan dan memaksa jarang terjadi di rumah. Keculai untuk pembiasaan mengerjakan pekerjaan rumah.
Jadi, berdasarkan ulasan diatas, menurut saya orang tua saya merupakan orang tua yang mendukung pengembangan kreativitas anak. Hanya saja, orang tua saya tidak menyadari bakat kreatif anak-anaknya sejak dini.

2.      Peran Sekolah
Sekolah tentu memiliki peran dalam pengembangan kreativitas anak. Sejak Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas, rata-rata waktu yang digunakan dalam sehari untuk sekolah adalah sekitar 6 jam. Dengan waktu yang demikian banyak, maka banyak hal yang terjadi disekolah yang dapat mendukung atau sama sekali tidak mendukung pengembangan kreatif anak.
Saya bersekolah SD dan SMP di perguruan Katolik dan SMA di sekolah semi militer. Sekolah Katolik menurut saya tergolong lebih menekankan pada pengembangan prestasi akademik. Munandar (2009) dalam bukunya menjelaskan bahwa salah satu karaktertistik pribadi guru anak berbakat meliputi motivasi, kepercayaan diri, rasa humor, kesabaran, minat luas, dan kelenturan (flexibilitas). Namun, selama masa SD dan SMP saya menemukan bahwa guru-guru saya kurang dalam rasa humor, kesabaran, minat luas dan flexibilitas. Di sekolah Katolik, kami banyak belajar dan mengembangkan kemampuan akademik. Tetapi bukan berarti kami tidak diberikan kesempatan dalam bidang lain. Semasa SD dan SMP keberadaan mata pelajaran seni dan budaya serta pendidikan jasmani dan kesehatan memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi selain dalam bidang akademik.
Saya menjalani masa SMA di sekolah semi militer, walau berlatar belakang semi militer, sekolah saya membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan diri. Guru yang ada disekolah juga memiliki dan memahami karakteristik professional guru. Mungkin karena guru di SMA tersebut merupakan guru pilihan dan murid yang duduk disekolah tersebut juga mrupakan murid hasil seleksi. Salah satu tes yang dilakukan adalah tes kreativitas figural yang dikembangkan oleh Utami Munandar. Karakteristik yang dimaksudkan adalah karakteristik professional yang dapat dikembangkan melalui pelatihan dalam jabatan seperti kemampuan untuk mempergunakan keterampilan dinamika kelompok, teknik dan strategi yang maju dalam mata ajaran tertentu, memberikan pelatihan inquiry dan memahami ilmu computer (Munandar:2009).
Selain itu fasilitas yang disedikan oleh sekolah, mulai dari untuk kegiatan seni, olahraga dan kegiataan akademik juga mendukung pengembangan kreatif siswa, karena siswa di SMA tersebut diberikan kebebasan yang bertanggung jawab untuk menggunakan seluruh fasilitas sekolah. Sistem moving class yang diterapkan juga membuat siswa semakin mandiri, namun sistem ini membuat siswa menjadi kurang aktif dalam menghias dan menciptakan kelas yang sesuai dengan iklim kelas masing-masing.
Bisa dikatakan secara keseluruhan sekolah yang saya jalani memberikan kesempatan dan fasilitas untuk mengembangkan kreatifitas, hanya saja masa SD dan SMP kurang terasah karena kurangnya kesempatan dan minimnya kesempatan dan fasilitas.
    
     3.      Peran Masyarakat
Menurut Arieti (1976) dikutip dari Munandar (2009) ada yang disebut dengan kebudayaan creativogenic yang mempunyai karakteristik sebagai berikut :
·         Tersedianya sarana-prasarana kebudayaan
·         Keterbukaan terhadap rangsangan kebudayaan
·         Penekanan pada becoming, tidak hanya pada being
·         Kesempatan bebas terhadap media kebudayaan
·         Kebebasan, dengan pengalaman tekanan dan rintangan sebagai tantangan
·         Menghargai dan dapat mengintegrasi rangsangan dari kebudayaan yang berbeda
·         Toleransi dan minat terhadap pandangan yang divergen
·         Interaksi antara pribadi-pribadi yang berarti
·         Adanya insentif, penghargaan atau hadiah.
Hampir keseluruhan karakteristik tersebut dimiliki oleh lingkungan masyarakat saya tinggal. Hanya saja sarana dan prasarana yang tersedia sangatlah terbatas, mengingat saya tinggal di daerah kabupaten yang tergolong stagnan. Keadaan tersebut membuat bakat kreatif yang terasah hanya dalam bidang yang ada saja. Seperti menyanyi, tor tor batak dan bermain alat music, namun karena memang minat yang kurang bakat kreatif dalam bidang tersebut tidak terasah maksimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar